Rabu, 30 November 2011

Istilah-istilah dalam jaringan komputer

Jaringan
Adalah sekelompok komputer yang terhubung bersama-sama, dan memungkinkan untuk bertukar informasi antara komputer satu dengan komputer lainnya.
Node
Adalah perangkat apapun yang terhubung ke jaringan. Meskipun biasanya node komputer, juga dapat sebuah printer atau CD ROM.
Segmen
Adalah bagian dari jaringan yang terpisah, dari bagian lain dari jaringan.
Backbone
Adalah merupakan tulang punggung utama dari kabel, dari segemen yang terhubung. Biasanya Backbone mampu membawa lebih banyak informasi dari segmen, misalnya setiap segmen mungkin memiliki transfer rate 10 Mbps (megabits per detik), sedangkan backbone dapat beroperasi 100 Mbps.
Topologi
adalah cara masing-masing node yang secara fisik terhubung ke jaringan.
Local Area Network (LAN)
adalah sebuah jaringan komputer yang berada di lokasi fisik yang sama, biasanya dalam sebuah gedung, kampus, laboratorium. Jika komputer yang berjauhan seperti antar kota biasanya disebut WAN.

Network Interface Card (NIC)

atau yang dikenal dengan LAN Card adalah seubah perangkat yang menghubungkan sebuah komputer dengan jaringan atau biasanya secara fisik dihubungkan ke Switch atau HUB. sebuah LAN card yang banyak digunakan di Indonesia adalah LAN card dengan teknologi Ethernet, biasanya kecepatannya berkisar antara 10 Mbps atau 100 Mbps. Sebuah LAN card biasanya terhubung dengan Motherboard.

Media Access Control (MAC) address

adalah alamat fisik dari setaip perangkat LAN card(NIC), MAC address terdiri dari dua bagian yang sama yaitu 6 byte. 3 bytes pertama mengidentifikasikan perusahaan dari NIC, dan 3 byte kedua nomoer seri dari NIC itu sendiri.
Unicast
Adalah transmisi dari satu node secara khusus yang ditujukan ke node lainnya pada sebuah jaringan komputer.
Multicast
Dalam mulitcast sebuah node mengirimkan paket khusus ke alamat sebuah group. Perangkat yang tertari pada group ini mendaftar untuk menerima paket yang di alamatkan ke group. Contoh sebuah router Cisco mengirmkan keluar update ke sesama Cisco yang lain.
Broadcast
Adalah sebuah node mengirim satu paket yang dirancang untuk transfimi ke semua node pada jaringan.

0 komentar:

Posting Komentar